+VOTE CIREBON GO SMART CITY

Sahabat Inspirasi, Cirebon Go Smart City, Iya tah ? 

Mungkin sahabat sudah tidak asing lagi dengan logat atau kalimat seperti di atas “iya tah ?” dan sering juga di jawab dengan jawaban “iya jeh” kalimat tersebut merupakan ciri khas dari kota ini yang memiliki arti Apa iya ? (iya tah?) Memang iya. (iya jeh).
+VOTE CIREBON GO SMART CITY, cirebon , indonesia
Cirebon terbagi menjadi Kota dan Kabupaten, Kabupaten Cirebon memiliki potensi di bidang Industri, Pertanian dan juga Perkebunan, sedangkan dari Kota Cirebon sendiri memiliki potensi dibidang Perdagangan dan Jasa serta Wisata dan Budaya.

Cirebon kaya akan Wisatanya meliputi Wisata Budaya, Wisata Rekreasi dan yang tak kalah lagi yaitu Wisata Kulinernya,  Salah satu wisata budaya yang dapat kalian temui di kota Cirebon yaitu berupa keraton-keraton peninggalan kerajaan, Goa Sunyaragi serta bangunan-bangunan peninggalan masa kolonial Belanda.

Kemudian untuk wisata kulinernya sahabat bisa mencicipi panganan yang ciamik , maknyus yang mempu menggoyang lidah, seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang dan Nasi Lengko, dan masih banyak lagi kuliner yang terdapat di kota ini.

Sedangkan dari wisata religinya sahabat bisa mengunjungi petilasan / makam satu dari Wali Sembilan / Wali Songo, yakni makan Sunan Gunung Jati, juga masjid yang dibangun oleh para wali yaitu Masjid Merah / Masjid Sang Cipta Rasa.

Selain itu juga di Cirebon terdapat sebuah tarian yakni Tari Topeng dan juga Batik Mega Mendung ini adalah satu dari banyak lagi kearifan budaya lokal di Cirebon.


Untuk sahabat yang ada di luar kota atau luar negeri bisa juga menjadikan Cirebon sebagai salah satu tujuan wisata serta mengenal secara mendalam akan kearifan serta budaya Cirebon, dan mendengar langsung kalimat iya tah / iya jeh, dari percakapan warga Cirebon,. hehhe..

Suasana di Cirebon pada malam hari juga tak kalah serunya dengan siang hari, sahabat bisa nongkrong di kota tua / bangunan peningglan kolonial yakni Gedung B.A.T (Britis American Tobako), karena disini banyak banget AGABON (Anak Gaul Cirebon) yang nonggrong di tempat ini, atau bisa juga sahabat dateng ke depan balai kota karena tempat ini juga merupakan tempat yang asyik buat nongkrong.

Oh iya satu lagi ini tempat yang paling seru dan asyik untuk sahabat jika ingin menikmati suasana malam di Cirebon, Datang saja ke Oasis Bistro dan Osmosis Bar & Lounge  tempatnya cozy banget, apalagi kalo malam hari sahabat bisa menikmati makanan yang enak-enak sambil mendengarkan Live Music Performance, peh lidah saya keserimped inggris, hehehe, Iya pokoknya ini tempat asyik banget apa lagi buat sahabat yang suka mendengarkan musik ditambah lagi kalo bawa pasangan beuuuhh!!,. pokoknya ini Recomended !!! BGT 

Dan jika sahabat membutuhkan tempat beristirahat atau ingin bermalam di Cirebon, jangan khawatir karena dari Oasis Bistro dan Osmosis Bar & Lounge sahabat bisa langsung memesan kamar dan menginap di Hotel Aston Cirebon, karena Oasis Bistro dan Osmosis Bar & Lounge itu ada di lobi Hotel Aston Cirebon. Selain itu juga banyak banget keuntungan yang bakalan sahabat dapatkan ketika sudah menginap di Hotel Aston Cirebon kenapa? Karena dari sini sahabat bisa dan sangat mudah banget untuk mengakses tempat-tempat wisata yang ada di Cirebon.

Dan kembali lagi ke Cirebon Menuju kota cerdas / Smart City serta mewujudkan Kota Cirebon sebagai kota RAMAH (Religius, Aman, Maju, Aspiratif dan Hijau) ini merupakan konsep Cirebon 2013-2018 dan akan datang.

Cirebon menjadi Kota Hijau yang dijadikan sebagai langkah awal transformasi menuju kota cerdas / Smart City yakni kota yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan secara efektif dan efisien sumber daya air dan energi, Serta mengurangi limbah, menerapkan sistem transportasi terpadu, menjamin kesehatan lingkungan, mensinergikan lingkungan alami dan buatan berdasarkan perencanaan dan perancangan kota yang berpihak pada prinsip - prinsip pembangunan berkelanjutan / sustainable building.


Yakni kota yang mampu menggunakan teknologi terutama Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK), menggerakan Sumber Daya Manusia dan modal sosial , serta infrastruktur untuk mewujudkan pembangunan yang sustainable atau berkelanjutan berbasis masyarakat cerdas.

+Vote Cirebon Go Smart City atau mendukung cirebon menuju kota cerdas yakni bertujuan untuk menciptakan keefisiensi, kemudahan serta efektifitas dengan memanfaatkan teknologi yang menciptakan kota yang nyaman (Livable City) integritas dan sustainable/berkelanjutan.

Smart City atau Kota cerdas adalah sebuah konsep dan menjadi salah satu tren pengembangan kota-kota yang berkembang di dunia, yakni dengan pemanfaatan teknologi terkini yang bertujuan untuk mendukung kegiatan kota agar lebih efektif dan efisien. 

Awalnya smart city bermula di beberapa negara yang sudah maju seperti amerika serikat dan belanda serta beberapa degara lainnya juga gencar dalam membicarakan kota cerdas,  yang berdasarkan pada peluang dan kebutuhan dengan pemanfaatan teknologi terkini pada saat itu dimana pada era tersebut mereka memanfaatkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari dimana bekerja tidak harus pergi kekantor / keluar rumah akan tetapi dengan pemanfaatan teknologi tersebut masih tetap bisa bekerja meski pun berada di dalam rumah.

Beberapa Kota Di Indonesia juga menerapkan konsep yang serupa yakni Smart City, Sebagai Negara yang berkembang terutama pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengantisipasi Smart City / Kota Cerdas sebagai bentuk dari kebutuhan terkini dari Infrastruktur.

Saat ini kehadiran Informasi menjadi sesuatu yang belum terbayarkan dan menjadi sebuah ketertarikan dan dibangun guna pemanfaatan teknologi  sebagai pusat informasi bagi setiap individu dan cara mengantisipasinya.

Seperti kota-kota besar lainnya, Surabaya misalnya yang sukses akan Smart Citynya maka Cirebon juga mampu untuk menjadi kota yang cerdas yang di usung dengan harapan mampu menciptaan kota yang cerdas / Smart City  dengan membenahi permasalahan-permasalahan yang ada di kota sebelumnya dan menjadikan masyarakatnya cerdas dengan kehidupannya yang berkualitas.

Dengan pemanfaatan teknologi, Real Time Informasi dan Reperentasi dari masyarakat yang tidak lagi berkomunikasi secara fisik atau bertatap muka secara langsung akan tetapi dengan teknologi berbeda yakni berkomunikasi tanpa harus bertatap muka secara langsung (Maya).


+VOTE CIREBON GO SMART CITY, cirebon , indonesia

Dan untuk menjadikan cirebon Go Smart City maka ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu 3i (iNSTRUMENTED, iNTERKONEKSI, dan iNTELEGENS)

iNSTRUMENTED yang artinya pemanfaatan dalam menggunakan teknologi untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber.

iNTERKONEKSI yaitu hubungan orang dengan orang, orang dengan system kota,  sistem lain antara kota dengan kota lain.

iNTELEGENS yaitu mengolah informasi tersebut dan memahami pola-pola agar dapat mengantisipasi kejadian dan mengambil keputusan serta respon perubahan situasi secara cepat dan tepat.

yang kemudian mampu merespon apa yang terjadi di kota, tren dan menjadi sebuah program perbaikan dan adanya feedback atau timbal balik.

+Vote Cirebon go Smart City dengan kebutuhan teknologi untuk semua urusan termasuk untuk mengontrol teknologi, informasi dan komunikasi dalam mengubah tata kota.

Kota cerdas / Smart City dimana cerdas disini merupakan kata sifat yang artinya pintar, pintar dari banyak aspek atau segala bidang yaitu mengontrol secara internal, connecting, monitoring, controling infrastructure, managemen dan teknologi yang berbasis pada gambar / foto.

+Vote cirebon go smart city akan memudahkan masyarakat dalam pelayanan karena semuanya akan menjadi sebuah system digital / aplikasi yang bisa di akses di smartphone.

Hal ini akan didukung jika masyarakat Cirebon menggunakan Smartfren 4G LTE, Smartfrenn merupakan operator selular 4G LTE Advanced yang memungkinkan pelanggan dapat menikmati layanan 4G LTE lebih optimal dengan cakupan wilayah yang luas (FDD/Frequency Division Duplex) dan kapasitas bandwidth (TDD/Time Division Duplex) yang disediakan jauh lebih besar dibandingkan operator lain, menjadikan layanan Smartfren 4G LTE Advanced lebih cepat dan lebih stabil di indonesia.

Inilah kota ku dimasa depan dimana semua bisa diakses dari smarphone dan lebih mudah, kita juga bisa memperbarui informasi terkini yang terjadi di cirebon hanya dengan mengakses www.rebon.org.

Hal ini berarti akan mempermudahkan kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari dimana yang dulunya manual menjadi Hi-Tec misalnya seperti kita membeli tiket dulu dilakukan secara manual dan harus antre, tapi sekarang kita bisa membelinya secara Online/secara Elektronik tanpa harus antre.

Kemudian yang mahal menjadi efisien yaitu seperti kita menghubungi teman / kerabat sekarang bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung, dan semuanya bisa di akses secara online, terbuka serta komunikasi menjadi lebih baik.

Selain itu juga kita lebih efektif lagi dalam sistem pembayaran ketika berbelanja / bertransaksi, karena pembayaran tidak lagi menggunakan uang cash melainkan dengan E-Money atau uang elektronik yang lebih efisien dan simple banget.


+VOTE CIREBON GO SMART CITY, Cirebon menuju Smart City

Dengan kata lain kita juga smart / pintar di berbagai aspek yakni Beter Life, Solution, Human Capital, Transportation, Comunication structure, The System to System and Infrasructure. Sustainable, Smart people, Mobility, Living, Government, Economy, Environment, serta membantu kita dalam taraf hidup yang lebih berkualitas.

So, +Vote Cirebon Menuju Smart City. :)

Satu lagi, Bayarlah Pajak tepat waktu, karena sekarang bayar pajak juga bisa dilakukan secara Online, "PAJAK DAERAH LUNAS, PEMBANGUNAN MELUAS" ! 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak