Eloknya Wisata Alam Candi Ceto

Sahabat Inspirasi, Sudah kah sabahat mempir ke wisata alam yang satu ini, atau lagi mencari tempat untuk tujuan wisata yang edukatif tapi tetap elok dan bisa merefresh jiwa juga pikiran.

Ini dia wisata alam yang edukatif dengan keelokan serta seni arsitektural yang ciamik yang wajib sahabat kunjungi yaitu Candi Cetho/Ceto, Candi Ceto adalah Candi peninggalan zaman Hindu dari kerajaan Majapahit, Candi Ceto ini berlokasi di Desa Ceto, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah - Indonesia dan berada pada kaki Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 1.496 M dari permukaan laut.

Candi Ceto juga ternayata diminati oleh wisata asing juga loh, kita juga bisa cuci mata di sini hehehe,. dan setiap bulannya Candi Ceto ini di kunjungi oleh wisatawan domestik mau pun wisatawan asing lebih dari enam ribu perbulannya.

Untuk tiket masuknya juga murah banget yaitu cuman Rp 3.000,- untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan asing Rp 10.000,- tapi katanya akan ada perubahan harga tiket masuk untuk tahun depan yakni 2016 mendatang tiket masuknya yang sebelumnya Rp 3.000,- menjadi Rp 7.000,- untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya Rp 25.000,- dari harga tiket yang sebelumnya seharga Rp 10.000,-. masih ekonomis bukan, jadi ayo dateng yah ke wisata alam yang satu ini dengan jaminan sahabat akan dibuat kangen oleh keelokan dari wisata alam Candi Ceto.

Eloknya Wisata Alam Candi Ceto, Candi Cetho, Candi Ceto, Wisata alam Indonesia

Oh ya sabahat juga akan di sambut dengan keindahan dan kemegahan Arsitektural bersejarah pada zaman Hindu yaitu berupa Gapura dari Candi Ceto dengan seni arsitektural yang ciamik, Dan jika sahabat teliti lagi untuk menghitung tingkatannya sahabat akan menemukan sembilan tingkatan yang didalamnya tersimpan makna yang memiliki banyak arti.

Sahabat juga akan mendapati Arca-arca di sekitar Candi Ceto dan juga gapura yang ditandai sebagai penjaga, Setelah sahabat melewati tingkatan pertama sahabat akan menemukan halaman besar nan elok dari Candi Ceto dan sangat luas.

Di tingkat berikutnya sahabat juga akan menemukan sebuah petilasan Ki Ageng Krincingwesi, Ki Ageng Krincingwesi ini adalah leluhur dari Dusun Ceto. dan tingkat berikutnya yakni tingkat sembilan sahabat akan menemukan simbol-simblol bersejarah yang memiliki banyak arti, yang tertata dan disusun oleh bebatuan.

Selain itu juga di tingkat ini sahabat akan menemukan Arca dari Raja Brawijaya V, dan ketika sahabat perada di posisi paling atas atau puncak dari Candi Ceto maka sahabat juga akan menemukan sebuah bangunan yang katanya pada zaman dahulu tempat tersebut digunakan sebagai tempat untuk menyucikan diri.

Candi Ceto ini juga masih berfungsi baik sama seperti pada zaman dahulu yaitu sebagai tempat ibadah atau pemujaan masyarat setempat yang memeluk Agama Hindu yang berada dilokasi sekitar

Ada juga masyarakat sekitar yang menganut kepercayaan kejawen menggunakan Candi Ceto ini sebagai tempat untuk bertapa, yang sebelumnya pada zaman dahulu kala Candi Ceto juga dijadikan sebagai tempat pertapaan oleh Raja Brawijaya V

Dan setiap tahunnya Candi Ceto juga ternyata memilki berbagai acara atau kegiatan yakni sebanyak enambelas kegiatan yaitu berupa acara keagamaan seperti Gulungan, Hari Raya nyepi dan upacara adat lainnya yang dilakukan oleh masyarakat atau pun kegiatan keagamaan.

Nah itu dia secuil informasi tentang Candi Ceto tapi 
sahabat akan  menemukan  ilmu dan pengetahuan yang luas banget ketika sahabat berkunjung langsung ketempat tersebut.

Jadi lupa masukan Candi Ceto kedalam daftar tujuan wisata dan liburan sahabat yah,. !

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak