Khasiat Lain Dari Teh Yang Belum Anda Ketahui

Inspirasi Pintar,- Teh merupakan jenis minuman yang kerap dinikmati oleh banyak orang. Sejarah menyebutkan bahwa teh sudah ada sejak zaman dahulu, dan Negeri Tiongkok adalah tempat lahirnya teh, disanalah pohon teh Tiongkok (Camellia sinensis) ditemukan dan berasal. Dahulu, teh digunakan untuk ramuan obat-obatan herbal, lalu berkembang menjadi kebiasaan wajib untuk penyambutan tamu. Hingga konsumsi budaya Cina akan kebiasaan minum teh pun menyebar, bahkan melekat erat pada setiap lapisan masyarakat.


Khasiat Lain Dari Teh Yang Belum Anda Ketahui


Sedikitnya ada 4 jenis teh yang berasal dari tanaman teh yaitu, teh hitam, teh hijau, teh putih, dan teh oolong. Dengan kandungan alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak,
karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Meskipun terasa sedikit pahit ketika diminum, tapi itulah kenikmatan tersendiri dalam meminum teh.

Teh bukan hanya bisa dikonsumsi sebagai minuman, tetapi juga bisa dimanfaatkan/khasiat untuk berbagai keperluan sehari-hari yang tidak terpikirkan sebelumnya. Diantaranya adalah :

1.) Membersihkan karpet

Jika dulu sering kesulitan untuk membersihkan karpet yang kotor, sekarang cobalah menggunakan teh hijau. Caranya, taburkan teh hijau pada karpet, diamkan 15 menit, terakhir hisap dengan vacuum cleaner hingga bersih.

2.) Mengilapkan Lantai Kayu

Ingin lantai kayu mengkilap kembali? Cobalah seduh ampas teh hitam dengan air secukupnya, bersihkan lantai dengan seduhan tersebut dan biarkan kering dengan sendirinya.

3.) Untuk Furniture

Banyak produk kimia untuk membantu merawat barang futniture di rumah. Tapi tentu harganya lumayan mahal, untuk hasil yang sama dan jauh lebih murah coba dengan ampas teh yang telah diminum, caranya seduh lagi ampas tersebut, celupkan kain/lap bersih kedalamnya, gosok perlahan pada furniture yang ingin dibersihkan. Hasilnya tidak kalah dengan menggunakan produk pembersih kimia, furniture akan terlihat bersih dan mengkilap kembali.

4.) Membersihkan Kaca

Kebiasaan kita adalah membersihkan kaca dengan kain basah lalu menggosoknya dengan koran bekas, padahal dengan bekas kantong teh kita juga bisa membersihkan kaca dan cermin yang kotor terkena debu dan noda. Cukup menggosokkan bekas kantong teh yang telah kita konsumsi pada kaca dan cermin yang kotor tersebut.

5.) Mendinginkan Area Cukur

Untuk para pria yang sering bercukur pasti bekas cukuran akan menyebabkan efek perih dan panas pada kulit akibat terbukanya pori-pori. Gunakan kantong teh celup yang basah untuk mendinginkan bekas area cukur dengan cara mengompresnya.

6.) Pengusir Serangga
Dengan seduhan teh hitam, dan memasukkannya pada sprayer lalu semprotkan pada tanaman kesayangan, hewan-hewan kecil berupa serangga dan tungau akan pergi dan tidak akan mengganggu tanaman kembali.

7.) Bisul

Sebelumnya telah disebutkan teh bisa mendinginkan bekas area cukur yang terasa perih dan panas, teh juga bisa digunakan untuk mengkompres bagian kulit yang terganggu oleh alergi berupa bisul yang membuat kulit nyeri dan panas. Kompres bagian kulit yang terdapat bisul dengan kantong teh celup basah semalaman untuk mengurangi nyeri dan panas yang terasa.

Itulah kegunaan teh yang bisa kita manfaatkan selain dengan cara menyeduh dan meminumnya.. Silahkan dicoba..

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak