Inilah 7 Tingkatan Neraka Dalam Islam (part 1)

Inspirasi Pintar,- Neraka adalah tempat pembalasan bagi orang-orang yang zhalim, durhaka lagi senang berbuat dosa serta melaksanakan laranganNya dan meninggalkan perintahNya. Tiada tempat yang paling buruk selain neraka. 

Neraka seperti penjara bagi para pendosa yang selama hidup senantiasa melanggar perintahNya, dengan hawa super panas melebihi panasnya api di dunia.
Banyak gambaran mengerikan tentang neraka. Seperti Dalam Al Quran disebutkan pada surat Al Humazah ayat 4-9 yang artinya "Sebenarnya dia akan dilemparkan ke dalam neraka Huthamah. Tahukah engkau apakah Huthamah itu? Yaitu api neraka yang menyala-nyala. Yang membakar hati manusia. Api yang ditutupkan kepada mereka. Sedangkan mereka itu diikat pada tiang yang panjang."

Inilah 7 Tingkatan Neraka Dalam Islam (part 1)


Bagi para pendosa yang masuk neraka tiada seorangpun yang mampu menolong dari siksa neraka selain ampunan dan rahmat dari Allah SWT. Dengan pintu neraka yang ditutup rapat, kokoh dan terjaga keamananya menambah mengerikannya neraka, selain berbagai siksaan yang diterima. Siksaan yang amat pedih, kobaran apinya mampu menghanguskan para penghuninya.

Berikut adalah tingkatan neraka menurut Al Qur'an :

1.) Neraka Jahannam

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat Ali imran : 12 yang artinya "Katakanlah kepada orang-orang yang kafir, " Kamu pasti akan dikalahkan (didunia ini) dan akan digiring ke dalam neraka Jahannam. Itulah tempat yang seburuk-buruknya."

Neraka Jahannam merupakan neraka yang paling tinggi tingkatannya, neraka ini dihuni oleh orang-orang kafir, orang-orang yang melakukan kezhaliman, pengikut syaitan, orang yang enggan membayar zakat, orang yang munafik, orang yang kufur atas nikmat Allah SWT. 

Dalam ayat yang lain Allah menegaskan "Orang-orang kafir dibawa ke Neraka Jahannam berombongan sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu, dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, 'Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul diantaramu yang membacakan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini? 'Mereka menjawab, 'Benar (telah datang).' Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir." Q.S Az - zumar 71-72

2.) Neraka Luza

Neraka ini dihuni oleh orang-orang yang masuk kategori pertama, orang-orang yang mendustakan agama, berpaling dari ajaran Allah dan RosulNya. Seperti yang terdapat dalam Al Quran surat Al Ma'un "Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka celakalah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya, orang-orang berbuat riya' dan enggan menolong dengan barang yang berguna."

Dan surat Al - Lail 14-16 "Sebab itu, Kami memperingatkan kepada kamu dengan Neraka Luza (neraka yang menyala-nyala). Tiada yang masuk ke dalamnya selain orang-orang yang celaka. Yaitu orang-orang yang mendustakan agama dan berpaling daripadanya."

Wallahu'alam.


(bersambung..)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak