Ingin Pandai Berbahasa Inggris? Pahami Materi Dasar Ini!!!

Inspirasi Pintar,- English is the easy way to connect to other people in this whole world. Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang paling utama di dunia, orang-orang di berbagai negara banyak yang menggunakannya, bahkan di negara tertentu menjadikan bahasa resmi untuk penduduknya. Dan negara lain menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa nomor dua sebagai bahasa yang paling penting untuk dipelajari.

Di Indonesia sendiri bahasa inggris masih atau bahkan bahasa yang dinilai prestisius untuk digunakan. Entah hanya untuk sekedar bahasa percakapan anak muda yang lebih banyak menggunakan istilah-istilah gaul yang diserap dari bahasa inggris, atau menggunakan slang words yang populer yang mereka ambil dari film-film buatan barat. Selain itu, di dunia pendidikan bahasa inggris dijadikan mata pelajaran yang wajib diikuti siswa, baik pada tingkat SD, SMP, SMA dan perkuliahan. Bahkan di tingkat perguruan tinggi ada juga yang menjadikan bahasa inggris sebagai salah satu jurusan untuk orang-orang yang memiliki minat untuk mempelajarinya.

English is fun!! Betul sekali, belajar bahasa inggris memang menyenangkan. Bagi orang-orang yang benar ingin mempelajarinya bisa dengan cara mudah untuk bisa pandai dan paham. Dengan semakin canggihnya teknologi kita bisa belajar dari berbagai media. Media internet dengan support audio dan visual. 

Belajar bahasa inggris tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Kunci utamanya adalah Anda menyukainya dan tekun untuk mempelajarinya. Semakin Anda menyukai maka semakin bertambah pula rasa keingintahuan dan antusias Anda pada bahasa inggris. Belajarlah dari hal-hal yang hal yang mudah yang menurut Anda bisa jadi awal mula untuk menumbuhkan keinginan Anda untuk tetap terus mempelajarinya. 

Berikut adalah materi yang dasar bagi pemula dalam belajar bahasa inggris yang perlu Anda pelajari sebelum Anda melangkah jauh dengan materi bahasa inggris yang sulit dan lebih kompleks.

Ingin Pandai Berbahasa Inggris? Pahami Materi Dasar Ini!!!


1.) Subjek

Dalam bahasa apapun sudah pasti ada kehadiran subjek, seperti saya, aku, kamu dalam bahasa indonesia. Yang perlu Anda pahami untuk pertama kali adalah mengenal subjek atau kata ganti orang di bahasa inggris. Sekitar ada 7 subjek dalam bahasa inggris yaitu I, you, we, they, she, he dan it masing-masing memiliki arti saya/aku, kamu/Anda/ kalian, kami/kita, mereka, dia untuk perempuan, dia untuk laki-laki, dan kata ganti untuk penunjuk benda seperti tumbuhan, hewan, sebuah tempat dan lain-lain.

Yang perlu Anda pahami pula perubahan subjek menjadi objek pada kalimat tertentu. Masih banyak yang keliru penggunaanya seperti I (subjek) dan me (objek) meskipun memiliki arti yang sama yaitu saya/aku, tapi dalam penggunaannya berbeda. Contoh I love you (yang berarti saya mencintai mu dan posisi saya sebagai subjek), You love me (yang berarti kamu mencintai saya, dan posisi saya sebagai objek) jangan sampai Anda menulis me love you. That's a wrong way!

2.) To Be

Jika dalam kamus bahasa inggris Anda bisa temukan be berada pada posisi infinitive yaitu kata kerja asli yang belum dikondisikan pada tenses tertentu. Pada kolom ini terdapat am, are, is inilah to be yang umum dan yang harus Anda tahu. To be ini biasanya digunakan pada nominal sentences yaitu kalimat yang tidak menggunakan kata kerja. Contoh dalam simple present, she is beautiful yang berarti dia cantik. Is adalah to be untuk subjek she. Selain she yang menjadi pasangan to be is adalah he dan it. Am adalah to be untuk I, dan are untuk you, they, dan we.

To be Bukan hanya am, are, is. Anda bisa cek pada kolom dalam kamus setelah be (am, is, are) dan pada verb 2 Anda bisa temukan was dan were. To be ini digunakan untuk kata kerja bentuk kedua yakni past tense atau untuk kalimat pada masa lampau. Was sendiri digunakan untuk subjek I, she, he dan it. Sedangkan were untuk subjek you, they dan we.

Pada verb 3 atau past participle to be was were berubah menjadi been. Penggunaan to be sangat lah mudah, yakni digunakan untuk kalimat yang menunjukkan sifat, kebendaan dan keterangan. Jangan gunakan to be yang dibarengi kata kerja karena ini bisa membuat bingung bagi lawan bicara untuk mengartikannya. Hanya pada materi passive voicelah to be bisa diiringi kata kerja namun kata kerja yang digunakan dalam bentuk verb 3.

3.) Verbs

Seperti yang telah dipaparkan pada point 2, selain to be yang mengalami perubahan bentuk yang disesuaikan dengan tenses yang digunakan, verb juga memiliki perubahan. Dalam posisi infinitive kata kerja atau verb masih bentuk asli. Contoh write, read, see, walk dan lain-lain. Pada verb 2 atau past, write akan berubah menjadi wrote, read tetap menjadi read, see menjadi saw, dan walk menjadi walked. Dan pada verb 3 tenses berikutnya atau kata kerja bentuk ke 3 wrote berubah menjadi written, read tetap, see menjadi seen, walked tetap tidak mengalami perubahan.

Ada dua macam verb yaitu regular verb dan irregular verb. Dalam regular verb perubahannya cukup kita lihat dari tambahan ed dibelakang verb contoh walked, talked, played, cooked dan lain-lain. Dalam irregular verb kita tidak akan menemui ed dibelakang verbs karena mempunyai perubahan bentuk yang khusus, contoh run berubah menjadi ran dan run, write menjadi wrote dan written, take menjadi took dan taken.

4.) Simple Present dan Past Tense

Kedua tenses ini adalah tenses yang paling mudah dan wajib untuk dipahami. Karena dasar dari tenses lainnya berasal dari kedua tenses ini. Dengan pattern yang masih sederhana, tenses ini bisa menjadi awal untuk Anda dalam membentuk sebuah kalimat. Simple present, dengan pattern S + v1(+s/es) untuk affirmative sentences, S + do/does + not + verb1 untuk negative sentences, dan do/does + S + v1 + ? Untuk interrogative sentences.

Membuat kalimat dalam bentuk lampau pun tak kalah mudahnya. Pattern past tense terbilang simple seperti simple present. untuk affirmative sentences S + v2, negative sentences S + did + not + v1 dan interrogative sentences berpola did + S + v1 + ?.

5.) Vocabulary

Vocabulary memiliki arti kosa kata. Untuk para pemula baiknya menghapal beberapa kosa kata bisa 10-20 kosa kata per hari. Mulailah dengan kosa kata yang mudah, yang sering kita jumpai dan yang paling sering digunakan. Ini berguna sekali dalam bahasa inggris yaitu untuk kepentingan dalam writing skill dan speaking skill. Semakin banyak vocabulary semakin bagus karena ini memungkinkan dan mempermudah untuk mengembangkan skill tersebut.

Vocabulary dapat dengan mudah dicari yakni cukup membuka kamus, di situlah terdapat banyak kosa kata yang bisa dihapal. Bukan berarti harus hapal semua kata yang terdapat dalam kamus. Tumbuhkan rasa ingin tahu dan antusias untuk menghapal. Dengan berlatih menghapal sedikit demi sedikit pastilah ini sangat membantu dalam mempelajari bahasa inggris.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak