Gaya Arsitektur Metafora (Architecture Methaphor)

Arsitektur Metafora (Architecture Metaphor) merupakan bagian dari gaya arsitektur yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu melalui persamaan serta perbandingan, Metafora sendiri berasal dari bahasa latin yakni (METHAPHEREIN) yang memiliki dua makna yaitu METHA yang artinya melewati sedangkan PHEREIN artinya membawa.

Dalam Arsitektur , Arsitektur Metafora adalah sebuah khiasan, ungkapan yang kemudian diwujudkan dalam bangunan dengan harapan akan menimbulkan tanggapan dari orang-orang yang menikmati atau memaknai karyanya. 




Arsitektur yang berdasarkan Prinsip-prinsip Metafora yaitu: 

 
1. Berusaha atau mencoba memindahkan keterangan dari subjek ke subjek lain.


2. Berusaha atau mencoba untuk melihat suatu subjek seakan-aakan hal yang    lain.

3. Mengganti fokus penelitian atau penyelidikan area konsentrasi lainnya dengan harapan jika dibandingkan atau melebihi perluasan, kita mampu menjelaskan subjek yang sedang dipirkan dengan cara baru.



Ada pun kegunaan serta penerapan gaya Metafora dalam Arsitektur yakni sebagai salah satu metode perwujudan kreatifitas Arsitektural salah satunya yaitu sebagai berikut:

1. Mempengaruhi untuk timbulnya berbagai interprestasi pengamat.


2. Mempengaruhi pengertian terhadap pengamat terhadap suatu hal yang kemudian dianggap menjadi hal yang tidak dapat dimengerti atau pun sama sekali belum ada pengertiannya. 

3. Mampu menghasilkan karya Arsitektur yang lebih Ekspresif yakni dengan bentukan fasade dan desain baru. 


4. Memungkinkan untuk melihat suatu karya Arsitektural dari sudut pandang yang berbeda.


Arsitektur Metafora sendiri dikategorikan sebagai berikut :


- Intagible Methaphors

- Tengible Methaphors

- Combined / Mixed Methaphors

- Gender Methaphors

 

Intagible Methaphors yaitu Metafora yang tidak bisa diraba yakni Metafora yang berangkat dari suatu konsep, ide, hakikat manusia dan nilai-nilai individualism, naturalisme, komunikasi, serta tradisi dan budaya didalamnya.

Tengible Methaphors yaitu Metafora yang nyata yakni Metafora yang berangkat dari visual-visual serta sertifikasi /karakter tertentu dari sebuah benda.

Combine Methaphors yaitu Metafora kombinasi yang merupakan gabungan dari Metafora kategori 1 dan Metafora kategori 2 dengan membandingkan objek visual dengan yang lain dimana memiliki persamaan serta nilai konsep dari objek visualnya, yang kemudian dapat digunakan sebagai acuan kreatifitas perancangan.



 Dan untuk Gender Methaphors yaitu Arsitektur Metafora yang menjadi suatu media komunikasi masal, yakni pesan-pesan yang disampaikan ini juga banyak menyampaikan masalah sosial dalam kehidupan bermasyarakat, Dari Arsitektur Gender salah satunya adalah masalah sosial yang kemudian diangkat dalam arsitektur gender, selain mahluk biasa arsitektur juga terbagi menjadi dua gender yakni gender pria dan wanita. Untuk Gender pria diwakili dengan bentuk kotak-kotak dengan kesan solid, kuat dan kaku, sedangkan untuk arsitektur gender wanita diwakili dengan bangunan kurva atau lengkung yang memiliki kesan dinamis, indah nan eksotis.

Gaya Arsitektur Metafora (Architecture Methaphor)













Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak