Bagaimana Cara Mengganti Puasa Orang Tua yang Tidak Mampu Berpuasa?

🔵 Inspirasi Pintar,- Bagaimana Cara Mengganti Puasa Orang Tua yang Tidak Mampu Berpuasa?

Bagi umat Muslim, puasa adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan di bulan Ramadhan. Namun, tidak semua orang mampu berpuasa, terutama orang tua yang sudah rentan usia. Namun, meskipun mereka tidak dapat melaksanakan puasa, mereka masih dapat mengganti puasa tersebut dengan cara yang ditentukan oleh agama Islam. Berikut ini adalah cara mengganti puasa orang tua yang tidak mampu berpuasa.


Memberi makan orang miskin

Orang tua yang tidak mampu berpuasa dapat menggantinya dengan memberi makan orang miskin. Hal ini sejalan dengan hadis Nabi yang menyatakan bahwa setiap orang yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa, maka baginya pahala yang sama dengan orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.


Membayar fidyah

Jika orang tua yang tidak mampu berpuasa memutuskan untuk membayar fidyah, maka mereka harus membayar sebesar satu sha' (sekitar 2,7 kg) makanan pokok setiap hari yang tidak mereka puasa. Fidyah ini harus diberikan kepada orang miskin atau yang membutuhkan.


Menjalankan qadha puasa

Orang tua yang tidak mampu berpuasa juga dapat menjalankan qadha puasa, yaitu mengganti puasa yang tidak dilaksanakan pada saat Ramadhan dengan puasa pada bulan-bulan selanjutnya. Puasa qadha ini dapat dilakukan dengan mengumpulkan puasa yang belum dilakukan pada bulan-bulan selanjutnya atau pada bulan-bulan yang lebih mudah bagi mereka.


Memberikan uang pada orang yang membutuhkan

Orang tua yang tidak mampu berpuasa dapat memberikan uang pada orang yang membutuhkan sebagai pengganti puasa yang tidak dilakukan. Namun, dalam hal ini, jumlah uang yang diberikan harus sebesar atau lebih besar daripada harga makanan pokok yang dibutuhkan untuk menggantikan satu hari puasa.


Membaca Al-Quran

Selain melakukan amal ibadah lainnya, seperti sedekah dan membantu orang lain, orang tua yang tidak mampu berpuasa juga dapat menggantinya dengan membaca Al-Quran. Hal ini disebut dengan qira'ah atau tilawah Al-Quran. Dengan membaca Al-Quran, orang tua tersebut akan tetap mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berpuasa.

Bagaimana Cara Mengganti Puasa Orang Tua yang Tidak Mampu Berpuasa?


Bagi orang tua yang tidak mampu berpuasa, mereka tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadhan. Yang terpenting adalah mereka tetap beribadah dan memohon ampun kepada Allah SWT. Namun, perlu diingat bahwa cara mengganti puasa tersebut harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh agama Islam.


Baca Juga: 

Keringanan Puasa Bagi Orang Tua yang Tidak Sanggup Berpuasa
Hukum Orang Tua yang Tidak Sanggup Berpuasa dalam Islam
Apa yang Harus Dilakukan Jika Orang Tua Tidak Bisa Berpuasa?
Doa Agar Hutang Cepat Lunas & Rejeki Lancar
16 Ucapan Isra Miraj yang Menyentuh Hati

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak