Resiko Bagi Anda yang Bekerja Sambil Kuliah

Sahabat Inspirasi, Menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni S1 sudah menjadi  impian bagi kita semua selain ingin belajar lebih dalam lagi juga menambah jaringan kita. 

Jenjang ini juga bisa di anggap sebagai titik aman kalo menurut saya pribadi karena ketika kita akan melamar di sebuah perusahaan atau jika kita ingin membuka sebuah lapangan pekerjaan dengan wawasan kita yang  sudah S1 itu berdeda dengan wawasan kita pada saat lulus dari bangku SMA serta kita juga lebih berani, lebih kritis akan lingkungan sekitar dan sudut pandang kita pun berbeda dalam memcahkan atau pun menghadapi permasalahan.

Saya pribadi juga merasakan hal yang serupa ketika cita-cita dan kenyataan tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan mau tidak mau kita juga harus berfikir keras. Dulu ada salah satu guru di SMP pernah mengatakan "banyak jalan menuju roma asalkan kita mau berusaha mencari jalannya".

Kerja Nyambi Kuliah Itu Bisa, INSPIRASI PINTAR, SUKSES, THE ICEBERG ILUSSION, FREE,


Dan untuk bisa kuliah tanpa biaya dari orang tua juga ternyata banyak jalannya seperti kita bekerja sambil nyambi kuliah seperti yang sedang saya alami saat ini.

Sebelumnya ada juga beberapa perusahaan yang tidak mau menerima karyawan yang masih dalam proses pendidikan / perkuliahan, tapi saya beruntung bisa bekerja masuk dan bekerja di tempat tersebut.

Sebelumnya saya lulusan diploma desain dan ingin menyelesaikan pendidikan saya minimal S1 ketika lulus dari jurusan desain saya pernah bekerja di sebuah percetakan dangan upah yang luar biasa tidak sesuai dengan apa yang saya kerjakan, 4 bulan saya bekerja di percetakan tersebut dan tidak bisa bertahan lama karena upah dan pekerjaan tidak sesuai.

Sempat mengalami menjadi pengangguran selama 2 bulan, Menjadi pengangguran selama 2 bulan saja rasanya gak enak banget ditambah orang tua saya galak dan rewel setiap kali saya ada di rumah selalu di tanyakan  kamu kuliah ngapain saja ? kenapa sekarang nganggur dan belum dapat pekerjaan.

Saya juga mencari cara bagai mana saya bisa dapat pekerjaan, saya pergi ke jakarta, bandung, dan sempat ingin pergi ke luar negri tapi saat itu ibu saya tidak mengijinkan saya untuk pergi jauh cari saja disini masih banyak toh kerjaan jangan jauh-jauh.

dan ternyata doa ibu saya di dengar, tepatnya pada tanggal 27 Februari 2013 saya mendapatkan panggilan untuk interview dan di test, dan esok harinya bisa mulai kerja dan itu artinya SAYA DITERIMA KERJA itu rasanya luar biasa. Dan tak henti-hentinya saya bersyukur bisa mendapatkan pekerjaan.

Karena niat saya ingin melanjutkan kuliah selang beberapa bulan yaitu bulan september 2013 dengan niat yang bulat saya beranikan diri untuk mendaftar kuliah lagi. Dengan jurusan yang berbeda yaitu ARSITEKTUR  dengan alasan yang membuat saya tertarik dengan studi Arsitektur adalah ketika mulai bosan dengan dunia desain ketika apa yang saya desain terus berujung tragis. DISITU SAYA MERASA SEDIH

Sejenak terfikirkan dalam benak saya bagaimana saya bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain dengan karya yang saya buat saat itu terfikirkan dalam benak saya apakah program Arsitektur itu cocok buat saya dan saya rasa sepertinya program arsitek adalah program yang tepat karena yang saya ketahui pada saat itu Output karya dari seorang arsitek adalah sebuah bangunan / rancangan yang bermanfaat untuk orang banyak dengan fungsi yang jelas dan orang awam juga faham akan hal tersebut.

dan saat itu saya mulai kuliah sambil bekerja, karena keahlian saya di bidang desain grafis dan bekerja di perusahan media cetak yang kerjanya tengah malam dari jam 18.00 - 02.00 saya juga harus rela mengurangi jam tidur saya demi bisa lanjut kuliah.

Saya juga sebelum mendaftar sempat berdiskusi dulu dengan Redaktur kalo saya ingin melanjutkan kuliah lagi apakah bapa mengijinkan? dan beliau pun menjabab, "Silahkan itu hak anda untuk menuntut ilmu tapi di sisi lain anda juga bekerja di tempat ini dan ketika anda sedang bekerja prioritaskanlah perkerjaan ini karena kuliah anda berasal dari gaji anda ketika anda bekerja disini, juga kuliah anda itu sambilan anda di luar jam kerja anda jadi silahkan gapailah mimpi anda tapi jangan sampai mengganngu jam kerja disini".


Mulai saat itu juga saya langsung semangat, karena program yang saya ambil adalah Program teknik yaitu Arsitektur ternyata berbeda dengan program lainnya.

dan salah satu suka dukanya kerja nyambi Kuliah itu sebagai berikut:


Suka Dukanya Kerja Nyambi Kuliah :

1. Mandiri

2. Waktu Yang Terbatas
3. Mengantuk
4. Pulang Yang Tak Tahu Waktu
5. TGIF
6. Tidur Seharian
7. Mendapatkan Uang, Pengalaman dan Ilmu 
8. Sakit

1. Mandiri


Yah, Kerja yang nyambi kuliah memang bukan perkara yang mudah selain kita harus bisa mengatur waktu kita juga harus menyiapkan mental. kita juga harus mampu mengatur keuangan karena mau tidak mau pengeluaran kita menjadi 2 kali lipat dari sebelumnya dan ini menjadi pelajaran hidup yang menjadikan saya menjadi pribadi yang mandiri.


2. Waktu Yang Terbatas


Waktu 24 jam berasa kurang ketika kita kerja nambi kuliah, kerja tengah malam dan hanya memiliki waktu istirahat yang terbatas di tambah kuliah dari pagi sampai malam, karena program arsitektur itu berbeda saya kuliah dari pagi 08.00 - 17.30 belum lagi ditambah tugas kuliah dan pekerjaan secara waktu itu luar biasa. yang menguras tenaga dan fikiran. dan Waktu seperti ini yang membuat saya stress. jadi di sini juga kita belajar untuk menghargai waktu.


3. Mengatuk

Jelas sekali karena waktu istirahat yang luar biasa terbatas mengantuk adalah dampaknya , selain mengantuk pada saat bekerja juga mengantuk pada saat kita kuliah, tapi kita tetap harus profesional pada saat kita bekerja atau pun pada saat kita kuliah.


4. Pulang Yang Tak Tahu Waktu

Ini yang yang membuat saya kangen akan rumah dan kamar karena waktu saya full saya juga suka lupa waktu kapan saya harus pulang dan kapan saya harus kembali kerja atau pun kuliah.
kadang karena rasa kangen ini lah yang membuat saya suka pulang pagi trus berangkat lagi dalam keadaan mengatuk dan seterusnya tanpa aturan yang jelas kapan saya pulang.

5. TGIF

Thanks God It's Friday YEESSSS!!!! Hari Jum'at hari yang menyenangkan buat saya karena weekend dan liburan sudah dekat,. selain kerja kalo weekend libur di tambah kuliah juga libur.


Kerja Nyambi Kuliah Itu Bisa, INSPIRASI PINTAR, SUKSES, THE ICEBERG ILUSSION, FREE,

6. Tidur Seharian

Tidur Seharian itu yang saya lakukan ketika hari sabtu dan minggu entah apa yang terjadi dengan mata saya yang bisa saya lakukan hanyalah makan, solat trus lanjut tidur lagi seperti balas dendam untuk bisa tidur sepuasnya dan itu sangat menyenangkan lebih menyenangkan dari pada saya harus jalan-jalan di akhir pekan.


7. Mendapatkan Uang, Pengalaman dan Ilmu 

Mendapatkan uang, pengalaman dan ilmu secara bersamaan itu salah satu sukanya karena kita melakukan nya secara bersamaan uang yang di dapat dari bekerja, pengalaman ketika kita berkerja sambil nyambi kuliah dan ilmu dari semua yang kita kerjakan.

8. Sakit 

Dan ini adalah dukanya karena waktu yang sedikit dan aktifitas yang padat tubuh kita juga tidak bisa berbohong, Sakit juga memeluk saya untuk berbaring di rumah sakit selama 8 hari dengan selang yang menempel dari dada sebelah kiri dan itu berulang selama 2 kali dan semoga tidak terjadi lagi,


Karena ada cairan yang ada di dalam paru-paru yang harus di keluarkan, dan itu gejala dari kerja keras kita ego kita yang mementingkan dunia dan cita-cita. tapi itu harus karena semuanya butuh pengorbanan, perjuangan dan doa untuk bisa mewujudkan impian dan cita-cita kita.

dan sekarang juga masih dalam proses bekerja sambil kuliah, semoga untuk sabahat inspirasi yang mengalami hal yang serupa yang  bekerja sambil nyambi kuliah bisa menyelesaikan kuliahnya dengan baik dan menjadi contoh / inspirasi bagi orang lain akan perjuangan untuk mencapai cita-cita

karena banyak jalan menuju roma maka banyak cara pula kita menuju kesuksesan kita.
dan semoga kita bisa dipertemukan di ujung jalan nanti dengan senyum lebar.

Kerja Nyambi Kuliah Itu Bisa, INSPIRASI PINTAR, SUKSES, THE ICEBERG ILUSSION, FREE,


SEMANGAT ! yah ,.. GAPAI CITA - CITA KITA & MENJADI ORANG YANG BERMANFAAT UNTUK ORANG LAIN. .. !!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak