Metropolitan Cirebon Raya Mulai Diseminarkan

Inspirasi Pintar,- Metropolitan Cirebon Raya Mulai Diseminarkan

Koperasi Ganesha Mitra CIMK bekerja sama dengan Ikatan Alumni (IA) ITB CIMK menyelenggarakan seminar dan lokakarya Metropolitan Cirebon Raya (Ciayumajakuning) dengan mengangkat tema “Kolaborasi pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan sektor swasta dalam mewujudkan pembangunan Metropolitan Cirebon Raya melalui Pariwisata dan Industri kreatif,” jelasnya kepada “FC), Jumat (12/5).

Acara ini akan menghadirkan beberapa narasumber yang expert di bidangnya dan merupakan tokoh-tokoh nasional. Kami mengundang pembicara yang berasal dari instansi pemerintah dan kalangan profesi. Untuk keynote speaker acara ini kami menghadirkan Wakil Gubernur Jawa Barat, H Deddy Mizwar.

Ketua panitia acara, Bambang Setiawan ST mengatakan, acara ini akan digelar bersamaan dengan pameran pariwisata dan industri kreatif. Even pameran ini bertemakan “The Rainbow of Ciayumajakuning & Heritage.”

Tujuan diselenggarakan acara ini untuk memperkenalkan ragam produk-produk etnik yang memiliki nilai estetika dan historis, seperti kerajinan gerabah dari Desa Sitiwinangun, Kerajinan Kerang dari Desa Tengah Tani, dan kerajinan swiseki dari Kabupaten Kuningan.

Selain itu juga memperkenalkan kerajinan khas Ciayumajakuning akan ada juga kerajinan batik dari Trusmi dan Ciwaringin. Kemudian kerajinan topeng dari Desa Slangit Cirebon dan Indramayu. Tidak lupa kerajinan patung dan lukisan relief dari Majalengka, serta kerajinan-kerajinan lainnya.

Rencana acara tersebut akan dibagi menjadi 3 sesi. Di sesi pertama akan mengulas rencana kebijakan dan pengembangan terkini Metropolitan Cirebon Raya. Sebagai pembicara untuk tema tersebut yaitu Ir Johnny Patta, MURP. Ph.D. selaku Tim WJP MDM Bappeda Provinsi Jawa Barat dan Virda Dimas Ekaputra yang merupakan Direktur Utama PT. Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Selanjutnya, di sesi kedua akan dibahas mengenai strategi pemerintah dan pengusaha untuk mengakselerasi daya dukung wilayah dan Sumber Daya Manusia untuk menghadapi Metropolitan Cirebon Raya. Narasumbernya Walikota Bandung, M. Ridwan Kamil, S.T, M.U.D, H. Bamunas Setiawan Boediman, MBA, Direktur Utama Grage Group, Ketua Umum HIMKI Pusat yakni Ir Soenoto.

Selanjutnya diselingi oleh makan siang dengan menampilkan serangkaian pertunjukan seni tari khas Ciayumajakuning untuk para tamu undangan.

Pada sesi terakhir acara akan membahas mengenai program-program yang dipersiapkan untuk jangka pendek serta solusi-solusi praktis bagi pengusaha dan pemerintah sebagai pihak yang memiliki peran vital yang juga sebagai pelaku utama Metropolis Cirebon Raya.

Dengan tiga pembicara yang akan dihadirkan yakni pertama perwakilan dari Tim Makalah Koperasi Ganesha Mitra CIMK. Kedua Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, ST dan H serta Ibnu Riyanto selaku Owner Trusmi Group.

Perhelatan akbar ini akan berlangsung hari Sabtu, 20 Mei 2017, pukul 08.00-17.00 WIB, bertempat di Ballroom Hotel Prima Cirebon. Selanjutnya acara tersebut akan ditutup dengan deklarasi sebagai bentuk kepedulian dan komitmen untuk membangun Metropolis Cirebon Raya (Ciayumajakuning) yang menjadi magnet raksasa perekonomian, baik skala internasional, nasional, maupun regional.

Diharapkan dengan diselenggarakannya seminar dan lokakarya ini, dapat terjalin sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah kota/kabupaten, pihak swasta, dan masyarakat. Hal itu untuk mewujudkan pembangunan Metropolis Cirebon Raya melalui pariwisata dan industri kreatif.

ITB Cirebon, Kampus ITB Cirebon, STT Cirebon, STTC, Akhmad Royani, Indonesia, Cirebon Brisik, Cirebon, Metropolitasn Cirebon Raya, Cirebon Raya, Tenang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak